CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN PALSU

Madu sudah menjadi salah satu bahan minuman alami yang banyak digunakan oleh masyarakat karena manfaat yang ada di dalamnya. Salah satunya untuk masalah kesehatan seperti pencegah diabetes, obat batuk, asam lambung dan masih banyak lagi. Namun, ada saja produk palsu yang banyak dijual belikan untuk kebutuhan yang sangat besar.

Proses terhadap madu palsu dilakukan secara ekstrim, hal tesebut yang membuat kandungan gizi di dalam madu berkurang atau bahkan sudah hilang. Untuk melihat dan membedakan madu palsu memang cukup sulit, jika kita melihat dari kemasan saja.

Nah, agar tidak salah membeli mad, berikut adalah beberapa tips membedakan madu asli dan palsu yang bisa Anda lakukan.

1. Percobaan korek api

Untuk mengetahui keaslian madu anda dapat menguji dengan melumuri ujung korek api dengan madu. Kemudian, anda dapat menggesekan ujung korek api yang sudah dilumuri madu untuk menyalakanya. Jika korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu, dapat dipastikan madu yang anda gunakan merupakan madu asli. Namun, jika korek api tidak bisa menyala, maka kemungkinan besar madu tersebut adalah madu palsu atau campuran.

 

2. Air

Cara berikut ini menggunakan metode air, jadi ambilah madu sebanyak satu sendok teh. Kemudian, tuangkan madu tersebut dalam gelas yang berisi air. Jika madu tesebut larut ke dalam air, maka madu tersebut adalah palsu. Sementara jika madu tersebut bercampur ke dalam air dan mengendap di bagian bawah gelas dan menjadi gumpalan merupakan madu asli.

 

3. Aroma

Membedakan madu asli dan palsu dapat diketahui dengan metode indera penciuman . Madu yang asli mempunyai aroma bunga yang begitu khas. Sementara, madu yang palsu tidak memiliki aroma bunga, hanya aroma wangi dari pemanis.

 

4. Membekukan madu

Ciri-ciri madu asli atau tidak dapat anda ketahui dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama dimasukkan, maka madu tersebut asli. Sebaliknya, jika madu tersebut membeku setelah dimasukkan ke dalam freezer, maka madu tesebut palsu dan terdapat campuran.

 

5. Tes roti

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui madu asli atau palsu adalah mengoles madu di atas sepotong roti. Jika madu itu adalah asli, ketika di makan dalam beberapa menit akan renyah di bagian atasnya. Sementara, jika roti menjadi lembek maka madu itu adalah palsu . Hal tersebut terjadi karena kadar air yang berbeda.

 

6. Tes koran

Cara satu ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah karena cukup menuang madu di atas koran, Ketika anda menuang madu di atas koran dan madu tesebut tidak menembus koran atau merembes, maka itu merupakan madu asli. Namun, jika madu bisa menembus koran makan dapat dipastikan itu merupakan madu palsu.

 

Comments are closed.